mempersiapkan pesta pernikahan

Rabu, 23 Januari 2013

wedding Organizer Bandung ....


Mempersiapkan pernikahan bisa dibilang gampang-gampang susah. Harus mulai darimana, apa saja yang harus dipersiapkan, bagaimana alur dan prosesinya, dan sebagainya. Untuk sebagian orang yang sudah tau alurnya sih sebetulnya bisa dibilang mudah, makanya banyak orang yang bilang susah itu karena ga tau alur semuanya. Supaya mudah dan lancer, baeknya pernikahan disiapkan jauh-jauh hari, agar tidak kaget dan persiapannya terasa ringan kalo dicicil. Ada baiknya kita buat timeschedule dari 6 bulan sebelumnya. Mari kita berbagi J
6 bulan sebelum hari H, Setelah menentukan tanggal pernikahan, tentukan tema pernikahan, karena itu akan berpengaruh terhadap semua vendor yang akan kita pakai. Kemudian tentukan budget atau anggaran yang akan kita keluarkan untuk pesta penikahan kita, secara mendasar, budget bisa dihitung kasar, rumusnya adalah tentukan jumlah undangan kita, kemudian tentukan harga catering perporsinya kemudian dikali 5 (lima)

Contoh:
jumlah undangan : 400
harga catering : Rp.35.750/porsi
maka perkiraan biaya pesta pernikahan adalah
400 x 35.750 x 5 = Rp. 71.500.000 (sudah mencakup segalanya diluar mas kawin)
Nah Rp. 71.500.000 ini merupakan standar perkiraan biaya pesta pernikahan kita dengan asumsi harga yang lain seirama dengan harga catering.
Setelah budget diperkirakan, baru kita cari tempat/gedung nya, kemudian tentukan pager ayu dan pager bagusnya, baru mulai hunting cari perias.

Bulan berikutnya, kita pilih dan pesan kartu undangan setelah dapat gedung, karena tanpa gedung, kartu undangan tidak dapat dicetak. Sesuaikan warna baju pernikahan dengan tema pernikahannya, komunikasikan dengan pasangan dan orang tua masing-masing dari kedua belah pihak calon pengantin. Pilih dengan baik baju pengantinnya, pilih dekorasi yang sesuai dengan tema dan pakaian pengantin, kemudian dibulan yang sama, tentukan kendaraan yang akan digunakan pengantin dan panitia. Jangan lupa, dibulan ini juga cari MC dan hiburan(wedding singer) dan segerakan beli mas kawin, sambil mempersiapkan hal-hal yang disebutkantadi, kita sambil mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menikah.

3 bulan sebelum hari H, dokumen yang sudah disiapkan kita bawa ke KUA untuk diproses, isi formulir pendaftaran pernikahan,dan dibulan ini juga kita ukur baju pengantin termasuk baju orang tua kedua pengantin.

2 bulan sebelum hari H, disebut juga bulan penghabisan hehe karena dibulan ini kita harus menyelesaikan semua hal utama dalam pernikahan. Seperti menyelesaikan semua hal tentang catering, membayar DP wedding singer, upacara adat, membayar DP dekorasi, menentukan untuk dokumentasi dan yang lainnya.

1 bulan sebelum hari H kita sudah mulai mengirimkan kartu undangan dan menyiapkan/mengambil mas kawin

2 minggu sebelum hari H kita sudah mulai menyusun acara untuk hari H, komunikasikan dengan panitia, konfirmasi semuanya (catering, gedung, kendaraan, weddingsinger, perias, dan lainnya)
Setelah semua selesai, kita tinggal menunggu hari H dan buatlah semacam gladi resik satu hari sebelumnya

Selamat mempersiapkan pernikahan…semoga artikel ini bisa membantu anda yang masih blank dalam mempersiapkan pernikahan

0 komentar:

Posting Komentar